22 Februari 2009

Xasthur, Biografi




Grup black metal ini awalnya terbentuk di Alhambra, California, pada tahun 1995 dan pada waktu itu bermain di genre Death Metal. Grup ini bisa dibilang tidak serius dalam
line up mereka karena sering berganti. Hanya satu orang saja yang tetap sekaligus sebagai otak dari grup ini. Orang itu adalah Scott Conner, atau yang biasa dikenal dengan Malefic.



Walaupun akhirnya dikenal sebagai one-pieced band, Xasthur juga memakai tenaga bantuan dalam instrumennya. Pada tahun 1999, Mike Pardi a.k.a Ritual (drum) membantu Malefic yang pada saat itu memegang gitar, bass dan beberapa sampling melodi disharmonis.

Pada saat ini Malefic dibantu Blood Moon Ausar (of Dagon, of Crimson Moon) sebagai session keyboardist.

Pada awalnya nama proyek solo Malefic ini adalah Xasthuriath. Namun karena dianggap terlalu panjang maka disingkat menjadi Xasthur.Nama ini diakui berasal dari kata "Xasthur" dan "Xenaoth". Kata "Xasthur" didapat dari buku Necromonicon (Lovercraft) yang dipercaya sebagai iblis pencabut nyawa manusia ketika sedang tidur. Sedangkan "Xenaoth" merupakan nama dewa langit dalam kepercayaan SanterĂ­a (komunitas Afro-Caribbean).

Secara umum musik Xasthur dikategorikan dalam Ambient-Black Metal karena hampir semua karya musiknya bermain dalam unsur-unsur yang mengutamakan melodi-melodi ambient yang atmosferik. Suara vokal yang cenderung berteriak seperti orang putus asa juga membuat Xasthur termasuk dalam jajaran genre Depressive Black Metal. Hal ini masuk akal karena tema musik yang diberikan selalu berkutat pada keputusasaan, bunuh diri, dan juga anti-sosial.

Walaupun begitu musik Xasthur tetap patut didengar mengingat atmosfer tebal yang diciptakan musik ini. Untuk lebih menebalkan atmosfer ketika mendengarkan musik ini, cobalah mematikan lampu kamar anda dan putar Xasthur pada posisi maksimum. Hal ini tidak berbahaya asal tidak ada orang komplain dan tidak ada tali tambang tergantung di langit-langit kamar anda :P

Secara keseluruhan, Xasthur telah mengeluarkan 3 album demo, 2 E.P. , 6 album full-length dan 9 split album. Perlu dicatat bahwa Xasthur memiliki jaringan yang kuat di black metal underground sehingga dia sering mengundang band-band black metal lain untuk bersama-sama membuat split album.

Untuk melihat detail dari masing-masing album, lihat tab Album Link

Label: , , ,

1 Komentar:

Blogger grace4daily mengatakan...

hi bro
ni grace4daily.blogspot.com
wah hobi fans ma korn ya
bagus2 lanjutkan

9 April 2009 pukul 10.44  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda